ads

Selasa, 23 Januari 2018

PROFIL DESA DAMPINGAN : DESA CIBUGEL

Sebuah desa yang berada di kecamatan yang bernama sama, Kecamatan Cibugel. Desa ini terletak di pusat Kecamatan Cibugel. Sebelumnya Desa Cibugel mencakup wilayah Desa Cibugel sendiri dan Desa Jayamandiri. Namun semenjak tahun 2008, Desa Cibugel dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Cibugel sendiri dan Desa Jayamandiri...

Secara status, Desa Cibugel memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografi, wilayah Desa Cibugel memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa dataran yang terletak di dataran tinggi dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 921 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Cibugel dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Tamansari di sebelah utara, Desa Sukaraja dan Desa Jayamandiri di sebelah timur, Desa Buanamekar di sebelah selatan serta Desa Jayamekar di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Cibugel terdiri atas tiga buah dusun yaitu Dusun Dusun Sirnarasa, Dusun Cidomas dan Dusun Cibugel. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing 3 RW dan 18 RT.
Berdasarkan data Potensi Desa Se-Kecamatan Cibugel tahun 2013, wilayah Desa Cibugel memiliki luas wilayah sebesar 4,5 km persegi. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan seperti sebagai lahan pertanian dan sebagai lahan non-pertanian. Luas lahan pertanian yang ada di Desa Cibugel seluas 2,9 km persegi. Luas lahan pertanian tersebut terbagi ke dalam dua jenis yaitu pertanian lahan basah (pesawahan) dan pertanian lahan kering (bukan pesawahan seperti perkebunan, huma dan ladang). Luas pesawahannya sendiri sebesar 06 km persegi dan luas lahan bukan pesawahannya sebesar 2,3 km persegi. Sementara luas lahan bukan pertaniannya sebesar 3,35 km persegi. Lahan yang termasuk non-pertanian diantaranya adalah lahan pemukiman dan pekarangan, perkantoran, kehutanan, lahan sarana umum dan lahan lainnya.


Masih berdasarkan sumber data yang sama, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cibugel pada tahun 2013 sebanyak 3.640 jiwa. Rinciannya sebanyak 1.830 jiwa berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.810 jiwa berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.035 KK. Kepadatan penduduk Desa Cibugel sebesar 808,89 jiwa untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.
Sementara berkaitan dengan mata pencahariannya, sebagian besar penduduk Desa Cibugel bekerja di bidang pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sebagian kecil lainnya bekerja di sektor perdagangan, jasa, industri, transportasi, dan konstruksi. Sektor pertanian di Desa Cibugel terutama lahan pesawahannya yang menggunakan sistem irigasi setengah teknis menghasilkan produk utama berupa padi. Selain menghasilkan padi, lahan pertanian di Desa Cibugel juga menghasilkan produk berupa jagung, ubi kayu, melinjo, kacang tanah. Lahan perkebunannya menghasilkan berbagai jenis buah-buahan yaitu rambutan, pisang, alpukat, durian, dan jeruk siam. Sementara sektor peternakan, dihasilkan juga berbagai jenis binatang ternak seperti sapi potong, kerbau, kambing, domba, ayam buras, ayam ras pedaging, itik, dan kelinci. Sementara sektor industri kecil yang ada di Desa Cibugel adalah dari jenis pengolahan kayu.
Bidang seni budaya, di Desa Cibugel masih terdapat kesenian tradisional yang masih dipelihara. Salah satu diantaranya adalah seni Calung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI

Musrenbang RKPD 2020: Ini Daftar 9 Prioritas Pembangunan Jawa Barat

BANDUNG, BAPPEDA JABAR –  Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan ...