ads

Senin, 14 Mei 2018

Jokowi Kucurkan Rp 187 Triliun untuk Program Dana Desa


Jakarta - Pemerintah telah mengucurkan Rp 187 triliun untuk dana desa. Alokasi dana desa ini terhitung sejak 2015-2018.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan anggaran tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur dasar di 74.957 desa se-Indonesia.

"Tahun ini Presiden Jokowi sudah mengalokasikan dana desa lebih dari Rp 180 triliun, kita lihat desa-desa kita mendapatkan ini untuk pencapaian infrastruktur besar," kata Eko di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Senin (14/5/2018). Infrastruktur yang bisa dibangun dengan dana desa seperti jalan perkampungan, sarana air bersih, MCK, irigasi, dan lain sebagainya.

Penggunaan dana desa, lanjut Eko, juga diminta oleh Presiden Jokowi untuk memutarkan perekonomian di masing-masing daerah yang mendapatkan. Misalnya membeli bahan baku konstruksi di toko atau material yang berada di daerah tersebut.

"Presiden meminta anggaran dana desa benar-benar dimanfaatkan agar semua desa menggunakan material lokal dan menggunakan padat karya tunai yang nilainya Rp 187 triliun itu agar berputar di desa dan menghidupkan ekonomi di desa," ungkap dia.


Selain itu, Eko menjelaskan alokasi anggaran dana desa juga dijanjikan naik kembali oleh Presiden Jokowi. Sebab, dana desa bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak perekonomian dan penciptaan lapangan kerja melalui program padat karya tunai.

"Diharapkan dapat menggairahkan dan meningkatkan daya beli di desa," tutur dia. (hns/hns)


Hendra Kusuma - detikFinance
Sumber : DetikFunance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI

Musrenbang RKPD 2020: Ini Daftar 9 Prioritas Pembangunan Jawa Barat

BANDUNG, BAPPEDA JABAR –  Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan ...