ads

Minggu, 11 Februari 2018

MEMBANGUN DESA MEMBANGUN PERADABAN

Oleh : Bayu Setyo Nugroho

Selalu menarik membaca sejarah peradaban manusia. Membangun desa adalah membangun peradaban juga. Desa adalah jagad gedhe yang ruang kehidupannya dibangun atas nilai-nilai keyakinan terhadap Sang Pencipta, kearifan lokal, dan tradisi yang turun temurun. Nilai-nilai tersebut kemudian menjadi pandangan hidup yang membentuk identitas dan jatidiri masyarakat desa.


Membangun desa semestinya tidak dilepaskan dari nilai-nilai yang membentuk identitas dan jatidiri masyarakat desa. Desa boleh maju, boleh menggunakan teknologi canggih untuk mendukung tatakelola sumberdayanya, tapi jatidiri jangan ditinggalkan. Kemajuan teknologi adalah keniscayaan, tapi tetap manusialah yang menjadi aktor utama pembentuk kebudayaan. Warga desa sebagai pembentuk budaya desa harus mempunyai visi yang jelas dalam membangun peradabannya.

Melaksanakan Undang-Undang Desa tidak hanya terkait persoalan bagaimana mengelola uang, tapi lebih jauh dari itu adalah untuk membangun peradaban. Jadi membangun desa dengan pendekatan kebudayaan ini menjadi penting, sebab kita bisa langsung menukik pada persoalan dan tujuan pembangunan. Pendekatan kebudayaan akan membantu kita menemukenali dimensi-dimansi kemanusiaan yang penting untuk kita bangun dan kita kuatkan.

*Penulis adalah Kepala Desa Dermaji  ( 2005 – 2017 ) Kabupaten Banyumas - Jawa Tengah


Sumber : https://bayunugroho.id/ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI

Musrenbang RKPD 2020: Ini Daftar 9 Prioritas Pembangunan Jawa Barat

BANDUNG, BAPPEDA JABAR –  Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan ...