ads

Sabtu, 02 Juni 2018

PKB Minta Pengawasan Dana Desa Lebih Diperketat

Jakarta, Gatra.com - Ketua Fraksi PKB MPR RI, H Jazilul Fawaid menilai, hal terpenting dari Dana Desa adalah pemanfaatannya ditujukan untuk pengentasan kemiskinan masyarakat desa. Karena itu,dalam realisasinya yang diwujudkan dengan program padat karya, perlu dilakukan pengawasan yang lebih ketat agar tepat sasaran.



“Paling penting agar pengawasan juga diperketat. Sehingga, penggunaan Dana Desa tepat sasaran. Bila tepat sasaran, dijamin masyarakat desa penerima akan mengalami peningkatan ekonomi dan kesejahteraannya,” katanya.

Direktur Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah Kementrian Keuangan Lisbon Sirait mengatakan, ada sejumlah perubahan kebijakan dalam pengelolaan Dana Desa Tahun 2018. Terdapat empat perubahan kebijakan Dana Desa. Yakni memperbaiki alokasi Dana Desa dengan memberikan afirmasi kepada desa-desa dengan tingkat kemiskinan tinggi, dan meningkatkan pemanfaatan Dana Desa agar lebih fokus pada 5 kegiatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas desa.

Kemudian memperbaiki metode pemanfaatan Dana Desa dengan menggunakan skema padat karya tunai. "Terakhir,  meningkatkan distribusi dengan mengubah penyaluran dari dua tahap menjadi tiga tahap,” katanya.

Sumber : gatra.com
Reporter: Ervan Bayu
Editor: Hendri Firzani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI

Musrenbang RKPD 2020: Ini Daftar 9 Prioritas Pembangunan Jawa Barat

BANDUNG, BAPPEDA JABAR –  Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan ...